logo

Kamis, 24 Januari 2019

Ini Daftar Hoax Ciptaan Kubu Prabowo-Sandi (Bagian 1)

Ini Daftar Hoax Ciptaan Kubu Prabowo-Sandi (Bagian 1)


Gelaran Pilpres semakin dekat. Semakin ke sini, hoax alias berita bohong, fitnah dan ujaran kebencian semakin menjadi-jadi. Salah satu capres misalnya, yakni pasangan nomor 02 Prabowo-Sandi, sejauh ini adalah pasangan yang gemar sekali menyebar berita bohong ke masyarakat. Polanya selalu sama, sebar hoax, klarifikasi, minta maaf. Berikut ini 10 hoax atau berita bohong yang diproduksi oleh pasangan capres dan cawapres nomor 02 Prabowo Sandi menurut Faktapolitik.

Hoax Ratna Sarumpaet
Barangkali, hoax Ratna Sarumpaet adalah hoax terbesar dan terheboh yang pernah diciptakan oleh Prabowo-Sandi. Sampai-sampai, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menempatkan hoax Ratna Sarumpaet di urutan pertama dari 10 hoax yang paling berdampak tahun 2018.
Hoax Ratna Sarumpaet ini bermula dari kabar bahwa salah satu tim Kampanye Prabowo-Sandi bernama Ratna Sarumpaet mengalami penganiayaan hingga wajahnya lebam-lebam. Kabar ini segera tersebar dan viral ke seantero negeri. Sampai-sampai Prabowo melakukan konferensi pers untuk merespon kabar tersebut.
Fakta: Ratna Sarumpaet tidak mengalami penganiayaan. Mukanya lebam-lebam karena habis menjalani operasi plastik di wajahnya. Akhirnya, Ratna Sarumpaet ditangkap oleh pihak kepolisian di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat akan terbang ke Chile. Dengan ditangkapnya, Ratna, berakhirlah drama hoax Ratna Sarumpaet.
Hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos
Hoax kedua yang diciptakan oleh Prabowo-Sandi adalah hoax soal tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di Tanjung Priok. Hoax ini berawal dengan beredarnya sebuah rekaman suara yang mengabarkan bahwa terdapat tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos di gambar pasangan nomor urut 1 Jokowi-Ma’ruf. Kabar tersebut menjadi viral lantaran dicuitkan oleh politisi Partai Gerindra Andi Arief lewat akun twitternya. Cuitan tersebut membuat geger republik ini sampai-sampai KPU dan kepolisian melakukan pengecekan ke Tanjung Priok.
Fakta: Setelah KPU dan kepolisian melakukan pengecekan ke Tanjung Priok, tidak ditemukan tujuh kontainer surat suara. Alhasil, kabar tersebut adalah hoax yang sengaja diciptakan untuk membuat gaduh republik. Selain itu, KPU juga belum mencetak surat suara. Jadi sangat jelas sekali bahwa itu adalah kabar bohong. Belakangan, rekaman suara yang beredar adalah suara salah satu tim pemenangan Bagus Bawana Putra. Kepolisian kemudian menetapkan Bagus Bawana Putra sebagai tersangka.
Hoax Selang RSCM
Hoax selang cuci darah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini berawal dari ceramah akhir tahun Prabowo Subianto  di kediamannya di Bukit Hambalang, Bogor. Dalam ceramhanya, Prabowo Subianto mengatakan bahwa satu selang alat cuci darah pasien di RSCM pernah dipakai oleh 40 orang. Sontak, pernyataan tersebut-sekali lagi-menghebohkan masyarakat Indonesia
Fakta: Satu selang cuci darah di RSCM digunakan oleh satu orang, bukan banyak orang. Hal itu selaras dengan pernyataan Direktur Medik dan Keperawatan RSCM dr Sumaryono bahwa selang untuk hemodialisis hanya digunakan sekali pakai. Masih menurut dr Sumaryono, RSCM menggunakan sekali pakai (single use), baik untuk selang hemodialisis (blood tubing) maupun dialiser.
Hoax Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia
Dalam debat Capres-Cawapres perdana, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan blunder dengan menyebut Jawa Tengah lebih luas dari Malaysia. Prabowo menyebut hal tersebut ketika menyinggung soal Gaji Gubernur. Katanya, tak pantas seorang gubernur bergaji hanya 8 juta. Prabowo lalu mencontohkan Gubernur Jawa Tengah yang memiliki APBD besar dan mengelola Jawa tengah yang lebih luas dari Malaysia tapi gajinya kecil. Benarkah Jawa Tengah lebih luas daripada Malaysia?
Fakta: Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, luas wilayah Jateng pada tahun 2017 adalah 32.544,12 kilometer persegi. Sementara itu. Berdasarkan data Central Intelligence Agency (AS) Amerika Serikat, luas wilayah Malaysia adalah 329.847 kilometer persegi, yang terdiri atas: Darat: 328.657 kilometer persegi. Dan luas Perairan: 1.190 kilometer persegi. Jadi jelas sekali apa yang disampaikan oleh Prabowo adalah ngawur!
Hoax Gaji Dokter Lebih Besar dari Tukang Parkir
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut banyak dokter yang saat ini memiliki penghasilan minim. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra dalam pidato "Indonesia Menang" di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).
Fakta: Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Nila Moeloek balik mempertanyakan dasar pernyataan Prabowo tersebut. Menurutnya, sebagai pihak yang berlatar belakang profesi dokter, pendapatan profesi itu lebih besar dari tukang parkir

PERHATIAN:Artikel ini diterbitkan berdasarkan fakta baik di sosial media maupun di lapangan